Selamat datang di aneka-indonesiaku. Beragam budaya, kesenian, kuliner dan sebagainya dari negeri tercinta Indonesia

Kamis, 22 Juni 2017

Bunga Langka di Indonesia

Indonesia merupakan wilayah di dunia yang mempunyai beragam jenis flora langka, salah satunya adalah jenis tanaman bunga.
Keberadaan beberapa bunga langka di Indonesia telah terkenal hingga ke penjuru dunia sehingga banyak menarik para wisatawan yang datang untuk melihatnya.

Berikut  beberapa jenis bunga langka di Indonesia :

 1.    Bunga Cendana


Cendana (Santalum album L.) merupakan tanaman asli yang berasal dari daerah Nusa Tenggara. Penyebaran tumbuhan cendana di Indonesia sekarang ini hanya terdapat di daerah Bali, Jemberdan Bondowoso (Jawa Timur), Gunung Kidul (Daerah Istimewa Yogyakarta), Maluku, dan Sulawesi.

Selain karena kayunya yang banyak dimanfaatkan, potensi lainnya adalah bunganya yang sangat indah. Bunga cendana tumbuh di ujung ranting dan di sela-sela ketiak daun, dan termasuk kepada jenis bunga majemuk.

Umumnya bunga cendana berwarna kuning, yang selanjutnya berubah menjadi kecoklat-coklatan. Tanaman cendana dapat menghasilkan bunga sepanjang tahun, jika terdapat adanya sinar matahari penuh.

 2.    Rafflesia Arnoldii
Bunga Rafflesia adalah salah satu bunga yang terindah yang pernah dikenal dalam dunia tanaman (botani). Bunga ini termasuk jenis bunga yang berukuran besar, dengan diameter yang mencapai 150 cm. di Indonesia Bunga Rafflesia pertama sekali ditemukan saat ekspedisi pengumpulan tumbuhan di daerah sumatera pada tahun 1818 oleh seorang peneliti bernama Joseph Arnold.

Rafflesia adalah jenis tumbuhan unik yang hanya hidup di dalam ekosistem hutan hujan tropis, seperti di Sumatera Indonesia.


Disamping itu bunga ini termasuk ke dalam keluarga Rafflesiaceae, yang sebagian besar merupakan tumbuhan holoparasit.Yaitu tumbuhan yang hidupnya sangat tergantung dari tumbuhan lain untuk mendapatkan nutrisi bagi pertumbuhannya. Hal ini karena Bunga Rafflesia tidak memiliki zat-zat klorofil, melainkan mempunyai akar isap yang berperan untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkan.

 3.    Bunga Edelweis Anaphalis Javanica
Bunga langka di Indonesia selanjutnya adalah Anaphalis javanica, yang dikenal dengan nama bunga Edelweiss jawa (Javanese edelweiss).

Bunga ini merupakan jenis tumbuhan endemik zona alpinadi daerah-daerah pegunungan tinggi di wilayah Nusantara. Bunga Edelweis disebut juga sebagai tumbuhan pelopor untuk tanah vulkanik yang masih muda di hutan pegunungan.

Pertumbuhannya di daerah tandus disebabkan karena bunga ini mampu meningkatkan simbioasi antara pertumbuhan jamur mikoriza dengan jamur tanah tertentu untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan selama hidupnya. Musim mekar dari bunga Edelweis yaitu antara bulan April hingga Agustus.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 aneka indonesia ku. All Rights Reserved. Template by zafeenis. Powered by Blogger.