Selamat datang di aneka-indonesiaku. Beragam budaya, kesenian, kuliner dan sebagainya dari negeri tercinta Indonesia

Minggu, 28 September 2014

Umbut Rotan : Makanan Unik dari Kalimantan Tengah

aneka-indonesiaku.logspot.com
Pada bengong nanti makan siang mau makan apa? Sama siapa? Dimana? Yang jelas carilah tempat yang mengasyikan tapi mampu memberikan sajian yang lezat dan tidak menguras kantong.
 
Ngomong-ngomong soal makanan, saya jadi teringat salah satu makanan unik tapi juga enak yang berasal dari daerah Kalimantan Tengah tepatnya di Palangkaraya. Makanan ini sebenarnya dikenalkan oleh masyarakat Dayak.
Nah, kali ini yang akan dibahas adalah makanan yang selalu disantap oleh suku tersebut karena bahan utama dari makanan ini dapat ditemukan di dalam hutan dan tak perlu membelinya. Bahan utama dari makanan ini adalah bambu muda.
 
Biasanya sebelum dimasak umbut rotan, bambu muda itu pertama-tama dibersihkan dari kulitnya dan kemudian diiris kecil-kecil, selanjutnya bambu dibumbui dengan bumbu yang bermacam-macam (saya sendiri belum tahu bumbu apa yang digunakan :P). Biasanya nih umbut rotan disajikan bersama ikan baung dan terong asam, sehingga cita rasanya menjadi sangat unik yaitu perpaduan antara gurih, asam, kepahit-pahitan, sekaligus rasa manis.


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 aneka indonesia ku. All Rights Reserved. Template by zafeenis. Powered by Blogger.