Selamat datang di aneka-indonesiaku. Beragam budaya, kesenian, kuliner dan sebagainya dari negeri tercinta Indonesia

Minggu, 02 November 2014

Kambing Unik dari Gresik Jawa Timur

http://aneka-indonesiaku.blogspot.com
Dua Ekor Kambing di Gresik berperilaku cukup unik, karena hanya mau makan nasi, roti, kue dan minumnya kopi layaknya manusia. Hewan pemakan rumput ini, sehari-hari justru banyak menghabiskan waktunya berkumpul dengan manusia dibandingkan dengan hewan sejenis di kandangnya. Dua ekor kambing milik Bastam (45) warga desa Kedamean Kecamatan Kedamean kabupaten Gresik tersebut hanya bersedia makan nasi, roti, kue, kerupuk dan minumnya kopi.


Layaknya manusia, jenis hewan pemakan rumput yang diberi nama Bagong Satu dan Bagong Dua ini sedikitnya menghabiskan tiga piring nasi tiap hari layaknya manusia.
Cara makan dua kambing ini juga terbilang unik, karena makan nasinya diatas piring, bahkan minum kopinya pun menggunakan gelas, persis seperti manusia.


Jika Bastam, pemiliknya, tidak memberinya makan nasi, maka kambing berjenis kelamin pejantan tersebut akan marah dan menubruk benda apa pun di sekitarnya. Tentu saja kebiasaan aneh kedua kambingnya tersebut membuat Bastam dan Sumini Isterinya kelabakan dan pusing tujuh keliling, sebab tidak sedikit ongkos yang dikeluarkan keluarga sederhana tersebut untuk membeli kebutuhan si Bagong kambing mereka.


Di rumahnya yang sederhana, bastam mengatakan, kebiasaan kambingnya suka memakan nasi mulai diketahui sejak masih berumur dua bulan. Pria yang sehari-hari berjualan di warungnya tersebut menuturkan, dirinya baru tahu kebiasaan kambingnya tersebut berawal dari hilangnya barang dagangannya yang dijual di warungnya yang terletak di depan rumah. Setelah dia selidiki, barang dagangan yang sering hilang bukannya di curi maling, tetapi justeru disantap kambingnya. “sejak saat itu, saya selalu menyediakan nasi untuk makanannya dan kopi minuman kesukaannya, sebab jika tidak dituruti maka bagong satu dan bagong dua akan ngamuk dan menubruk barang dagangannya di warung hingga rusak,”Tutur Bastam. Bagong hanya butuh waktu beberapa menit saja untuk menghabiskan makanan dan minuman yang dihidangkan. Dikatakan Bastam, selain dari sisi makanan dan minumannya, keunikan kedua kambingnya tersebut karena lebih suka bersahabat dan bergaul dengan manusia dibandingkan bergaul dengan temannya sesama kambing.


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 aneka indonesia ku. All Rights Reserved. Template by zafeenis. Powered by Blogger.